Tiga Penguat Tubuh Menurut Ahli Tasawuf

Posting Komentar
Solo,At Tijani Indonesia. Agar tubuh menjadi kuat, manusia membutuhkan asupan gizi dari makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Namun, selain makanan rupanya ada hal lain yang juga dapat menguatkan tubuh kita.

“Al-aqwat tsalatsah, makanan yang menguatkan ada 3,” terang pengasuh Pondok Pesantren Al-Inshof Plesungan, KH Abdullah Sa’ad, saat mengisi kajian di radio Al-Hidayah, Rabu (2/7).

Tiga Penguat Tubuh Menurut Ahli Tasawuf (Sumber Gambar : Nu Online)
Tiga Penguat Tubuh Menurut Ahli Tasawuf (Sumber Gambar : Nu Online)

Tiga Penguat Tubuh Menurut Ahli Tasawuf

Keterangan tersebut dikutipnya dari salah satu kitab yang ditulis Sayyid Doktor Abdul Halim Mahmud, seorang guru di Al-azhar Mesir, yang merupakan ahli tasawuf dan thariqah Syadziliyah.

At Tijani Indonesia

“Pertama, makanan yang biasa kita konsumsi setiap hari. Makanan kedua, yakni berupa zikir kepada Allah swt,” ungkapnya.

At Tijani Indonesia

Kiai Abdullah, kemudian mencontohkan para sahabat dulu ketika hendak berperang melawan Romawi, jumlahnya hanya 45 ribu melawan 240 ribu, namun bisa menang. Apa resepnya?

“Nabi mengajarkan, malam harinya untuk prihatin, wiridan, kurus-kurus, tapi semangatnya justru jadi militan,” ujar dia.

Ketiga, kekuatan yang berasal dari melihat Allah, yang diperoleh tidak hanya dari zikir tapi sudah dapat melihat Allah. “Inilah maqam ihsan. Inilah kekuatan Islam pada intinya ada di sini,”

Kekuatan inilah yang dimaksud, bukan kekuatan makanan tapi dari ru’yatil mazkur memandang allah, di sinilah akan didapat kekuatan batin yang tidak didapatkan orang pada umumnya. (Ajie Najmuddin/Abdullah Alawi)

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia Ubudiyah, Ulama, Halaqoh At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar