Gus Mus: Hipsi Jangan Jadi Perkumpulan Semata

Posting Komentar
Brebes, At Tijani Indonesia. Wakil Rais Aam PBNU KH A Mustofa Bisri (Gus Mus) berpesan agar Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (Hipsi) tidak menjadi organisasi perkumpulan semata. Hipsi harus menjadi organisasi para pengusaha yang sanggup mengubah kondisi ekonomi masyarakat.

Gus Mus: Hipsi Jangan Jadi Perkumpulan Semata (Sumber Gambar : Nu Online)
Gus Mus: Hipsi Jangan Jadi Perkumpulan Semata (Sumber Gambar : Nu Online)

Gus Mus: Hipsi Jangan Jadi Perkumpulan Semata

“Hipsi harus menjadi organisasi yang mampu melakukan terobosan peningkatan ekonomi kerakyatan dan kebangsaan,” ujar Gus Mus sebagaimana ditirukan oleh Ketua Hipsi Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, H M Sodikin saat silaturahmi ke rumahnya, Rabu (25/9) lalu.

Menurut Gus Mus, Hipsi harus mampu menarik minat pengusaha yang berlatar belakang santri untuk bergabung di dalamnya. Sehingga perekonomian yang terbangun adalah perekonomian yang bersyariat Islam.

At Tijani Indonesia

Perdagangan dijalankan menurut asas kehalalan dan kebaikan (halalan toyiban), bukan praktik-praktik riba. Dengan demikian, diharapkan akan tercipta kemaslahatan umat. Cara yang cocok untuk upaya ini adalah melalui koperasi yang produktif. “Koperasi-koperasi di berbagai bidang harus dibuat agar masyarakat mandiri," ujar pengasuh Pesantren Raudlatut Tholibin Rembang ini.

At Tijani Indonesia

Sodikin menjelaskan, kunjungannya ke Gus Mus adalah dalam rangka meminta restu dan dukungan agar peluncuran 1000 pengusaha santri pada awal Oktober mendatang di Brebes sukses.

Rombonan Hipsi yang berjumlah 50 orang itu juga melakukan kunjungan ke PT Djarum Kudus. Di Pabrik Rokok terbesar itu, mereka melihat secara langsung sistem produksi rokok dari pra, proses, hingga pascaproduksi. “Semangat berkarya di PT Djarum sangat luar biasa,” puji Sodikin.

Selain bersilaturahmi ke Gus Mus dan berkunjung ke pabik rokok Djarum, rombongan juga melakukan ziarah kubur ke sejumlah makam Wali Songo di Jawa Tengah. (Wasdiun/Mahbib)

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia Pondok Pesantren At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar