Dilantik, Fatayat NU Jombang Matangkan Program Prioritas

Posting Komentar
Jombang, At Tijani Indonesia. Kepengurusan Pimpinan Cabang Fatayat NU Jombang Jawa Timur masa khidmah 2014-2019 resmi dikukuhkan, Sabtu (30/8). Kegiatan dilangsungkan di Pendopo Kabupaten Jombang. Ketua terpilih, Ema Umiyyyatul Chusnah, menjadi nakhoda untuk kepemimpinan periode kedua.

Dilantik, Fatayat NU Jombang Matangkan Program Prioritas (Sumber Gambar : Nu Online)
Dilantik, Fatayat NU Jombang Matangkan Program Prioritas (Sumber Gambar : Nu Online)

Dilantik, Fatayat NU Jombang Matangkan Program Prioritas

Ning Ema, sapaan akrabnya, menandaskan bahwa dirinya sangat bangga dengan kian banyaknya perempuan produktif yang berkenan menjadi pengurus dan penggerak Fatayat NU. "Di antara kesibukan sebagai ibu rumah tangga, wanita karier dan pendamping masyarakat di level masing-masing, ternyata masih banyak perempuan yang ingin berkhidmah di kepengurusan Fatayat NU," katanya kepada sejumlah media usai pelantikan,

Bagi Ning Ema, hal ini merupakan aset yang sangat mahal demi kepengurusan Fatayat di masa mendatang. "Keberadaan aktivis Fatayat juga sebagai aset organisasi bagi Nahdlatul Ulama khususnya di kepengurusan Muslimat NU di masa mendatang," tandas cucu KH Abdul Wahab Chasbullah ini. Kesinambungan organisasi dengan ketersediaan kader yang berkhidmah di kepengurusan badan otonom NU serta lembaga dan lajnah merupakan bukti bahwa kader terbaik bagi jamiyah ini cukup tersedia.

At Tijani Indonesia

Pada saat yang sama, para aktivis perempuan muda NU ini tentunya juga menjadi ujung tombak bagi kemajuan masyarakat. "Karena? mereka adalah para pegiat pendidikan, ekonomi, kebudayaan, kesehatan dan sejumlah keahlian di lingkungan masing-masing," tandas anggota DPRD Kabupaten Jombang dari Partai Persatuan Pembangunan ini.

Khusus untuk kepengurusan Fatayat di tingkat cabang, salah seorang pimpinan di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang ini menandaskan akan lebih banyak menfasilitasi kegiatan Fatayat di tingkat atau pimpinan ranting, hingga anak ranting di desa. "Prinsipnya kami akan menyesuaikan kebutuhan organisasi berbadasarkan aspirasi dan keinginan kepengurusan sesuai tingkatan tersebut," tandasnya.

At Tijani Indonesia

Sedangkan kebutuhan mendesak yang akan menjadi garapan serius pada khidmat lima tahun mendatang adalah memberikan pemahaman kepada perempuan akan hakikat pernikahan. "Tidak semata keabsahan dalam pandangan agama, namun juga pengetahuan yang berkaitan dengan hukum positif dan normal sosial yang ada," tegasnya. Karena selama ini banyak pasangan muda yang mencukupkan pengetahuan agama saat melangsungkan pernikahan, namun pengetahuan yang menyangkut aspek hukum dalam pernikahan serta hal lain yang bersinggungan dengan masalah rumah tangga kurang mendapatkan perhatian.

"Pengetahuan kesehatan reproduksi juga menjadi hal yang akan menjadi perhatian kami," tandasnya. Karena bagaimanapun juga, para perempuan muda yang akan atau sudah menikah harus memahami dengan baik pengetahuan yang menyangkut kesehatan reproduksi ini. Perempuan muda mempunyai tanggungjawab besar akan hal ini agar terlahir anak-anak yang sehat dan tumbuh menjadi manusia unggul, lanjutnya.

Tingginya angka perceraian juga menjadi perhatiannya. Bagi putri Wakil Bupati Jombang ini, hal tersebut terjadi lantaran banyak faktor. "Bisa karena ekonomi, atau bisa juga lantaran antara pasangan belum memiliki pemahaman yang sama terhadap hak dan kewajiban sebagai suami istri," ungkapnya. Karena itu memberikan pemahaman yang komprehensif terhadap tanggungjawab pasangan adalah juga menjadi konsentrasi Fatayat NU di kota santri ini.

Sejumlah agenda tersebut akan menjadi prioritas bagi kepengurusan PC Fatayat NU Jombang. Ketersediaan para pengurus yang telah memilki rekam jejak dan kiprah sebelumnya, menjadi kata kunci bagi kepengurusan PC Fatayat NU Jombang. Demikian juga hubungan baik yang telah terjalin dengan Pemkab Jombang dan ormas keagamaan dan perempuan juga menjadi nilai lebih bagi khidmat Fatayat masa mendatang. "Doakan pola hubungan baik yang btelah terjalin selama ini bisa dilanjutkan dengan program nyata di kepengurusan kami yang akan datang," pungkasnya. (Syaifullah/Mahbib)

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia Quote At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar