Gus Sholah Imbau Umat Beragama Tak Terpancing Isu Kekerasan

Posting Komentar
Jombang, At Tijani Indonesia. KH Salahudin Wahid mengimbau seluruh umat beragama untuk tidak terpancing isu-isu kecil seperti kekerasan yang dilakukan Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) dan Front Pembela Islam (FPI). Sebaliknya harus saling menghargai dan tidak terbawa egoisme masing-masing.

Gus Sholah Imbau Umat Beragama Tak Terpancing Isu Kekerasan (Sumber Gambar : Nu Online)
Gus Sholah Imbau Umat Beragama Tak Terpancing Isu Kekerasan (Sumber Gambar : Nu Online)

Gus Sholah Imbau Umat Beragama Tak Terpancing Isu Kekerasan

“ISIS itu sangat kecil, tidak bisa dijadikan patokan karena kecil karena ada yang mayoritas,” ungkap kiai yang akrab disapa Gus Sholah saat menerima kunjungan pihak Gereja Katholik Jawi Wetan di Tebuireng pada Ahad (12/10) pukul 11.30.

Pengasuh Pesantren Tebuireng tersebut juga menyoroti gerakan FPI yang cenderung menggunakan kekerasan. “Demo tidak setuju Ahok silakan saja, tapi ya jangan menggunakan kekerasan!”  ungkapnya.

At Tijani Indonesia

Menurut mantan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) ini, Ahok adalah figur baik, meski gaya bicara kurang baik. “Wajar saja manusia mana ada yang sempurna, kalau mau Ahok lengser tunggu saja 2017. Lah wong kita memilih dengan cara yang disepakati kan?” tambahnya.

At Tijani Indonesia

Gus Sholah lalu menyanggah pernyataan Ben Affleck yang menyatakan kecerendungan Islam itu melakukan kekerasan. Menurutnya, Ben mengambil sampel gerakan minoritas yang tidak bisa mewakili umat Islam secara keseluruhan.  

Ia menilai agama yang lain juga tak luput dari perilaku kekerasan terhadap yang lain. Ada sejarah berdarah dalam semua agama di dunia. “Entah kenapa itu bisa melenceng dari tujuan agama itu,” tanyanya.

Di akhir pidato, ia mengajak untuk menerapkan praksis atau muamalah dari setiap agama agar bisa mengetahui kebutuhan masyarakat. (Abror/Abdullah Alawi)

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia Cerita, Tegal, Doa At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar