Minu Walisongo Peringati Hari Kartini

Posting Komentar
Bojonegoro, Demi mengenalkan sosok pejuang/pahlawan nasional, serta menyambut hari emansipasi wanita Indonesia Madrasah Ibtidaiyah NU (MINU) Unggulan Walisongo Sumuragung Sumberrejo Bojonegoro menggelar lomba mewarnai gambar RA Kartini dan Fashion Show busana Nusantara Sabtu (20/04/2013).

Selain itu semua anak didik dan dewan guru diharuskan mengenakan busana Nusantara Indonesia (baju adat Nusantara).

Acara yang dimuali pada pukul 07.00 WIB diawali dengan upacara bendera. Upacara kali ini sengaja dilaksanakan lebih siang dari biasanya yaitu pukul 06.45 WIB. Mengingat banyaknya “kendala” yang dialami anak didik yaitu banyaknya anak didik yang antri merias diri di sanggar/tata rias yang sama dengan busana adat Nusantara. 

Minu Walisongo Peringati Hari Kartini

Bagi yang laki-laki dan busana kebaya ala kartini bagi anak didik perempuan. Selain itu terkendala juga dengan jarak tempuh anak didik menuju MINU, maklum banyak anak didik MINU yang berasal dari luar kecamatan.

Oleh sebab itulah pagi ini banyak anak didik yang datang dengan tergopoh-gopoh karena kuatir ketinggalan pelaksanaan upacara peringatan hari RA Kartini kali ini.

Dengan mengenakan kebaya Nusantara dan kebaya ala Kartini anak didik MINU melaksanakan upacara dengan antusias walaupun panas mulai menyengat merangkul seluruh tubuh mereka. Selain itu nampak pula papan nama yang dibawa anak didik yang bertulisan aneka macam pulau Indonesia.

Menurut Ketua pelaksana hal ini demi mengenalkan nama-nama pulau kebanggaan negara Indonesia kepada anak didik MINU sejak dini.

”Kami berharap dengan mengenakan baju/busana tradisional ini anak didik kami lebih paham dan akrab dengan pulau-pulau negara ini. Karena inilah identititas bangsa yang perlu dilestarikan,” ujar Ahmad Taufik yang kali ini mengenakan busana beskap sebagai busana nusantaranya.

Acara dilanjutkan dengan peragaan busana bagi perwakilan anak didik per kelas. Acara ini sendiri digelas lebih unik dari peragaan-peragaan umumnya. Peragaan busana dilaksanakan di halaman MINU, tidak berada di gedung ataupun di dalam ruangan.

Setiap siswa yang mewakili maju ke “arena” fashion show dengan geya centil dan menggemaskan. Satu persatu mereka menampilkan bakat “artis”nya dihadapan juri yang kali ini didatangkan dari mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro.

Acara peragaan busana sendiri mendadak heboh tatkala seluruh peserta dan ratusan wali siswa yang sedari tadi antusias menyaksikan lenggak-lenggok anak didik MINU dikejutkan dengan penampilan seluruh dewan guru mengisi arena dengan gaya yang aduhai dan lebih “rancak” dari penampilan fashion show anak didik mereka.

“Ini merupakan wujud cinta kami kepada anak didik dan almamamter kami,” kata Winarni, yang juga menjadi wali kelas Sunan Giri.

Tepat pukul 09.00 setelah pelaksanaan peragaan busana. Acara dilanjutkan dengan lomba mewarnai gambar RA Kartini. Lomba ini ditempatkan di serambi Masjid Madrasah Ibtidaiyah milik NU ini.

Banyak anak didik yang awalnya bingung dengan gambar yang telah dibagikan oleh dewan guru tersebut, namun setelah mendapat penjelasan dan paparan secara gamblang akhirnya mereka antusias dan secara serentak anak didik MINU mulai mengkombinasikan warna yang sesuai untuk dilukiskan pada gambar RA Kartini yang telah dibagikan.

Banyak anak didik yang bekerja sendiri dengan alat yang dibawa dari rumah. Mulai crayon atau warna dan meja lipat. Menurut panitia lomba mewarna kali ini bertujuan mengenalkan sosok RA Kartini kepada anak didik MINU agar mereka lebih peduli akan nama besar para pejuang bangsa Indonesia ini, khususnya pejuang wanita asal kota Jepara ini.


Mendung mengiringi penutupan rangkain acara kali ini. Namun tidak mengurangi antusias dewan guru dan walisiswa serta ratusan anak didik minu. Pada penutupan yang tepat dilaksanakan pada pukul 11.00 WIB diumumkan semua kategori pemenang.

Penyerahan hadiah disampaikan langsung oleh kepala madrasah Mariyanto”Ini merupakan wujud nyata kami dalam menanamkan budaya menghormati leluhur dan mencintai negara Republik Indonesia ini,” tutup kepala madrasah yang juga pengurus harian Palang Merah Iindonesia (PMI) ranting kecamatan sumberrejo tersebut.


Redaktur: Mukafi Niam

Sumber : http://www.nu.or.id/post/read/43905/minu-walisongo-peringati-hari-kartini

Related Posts

Posting Komentar