Kuliah Satu Menit Selama Ramadhan Oleh PMII Bogor

Posting Komentar
Bogor, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kabupaten Bogor menggagas program kreatif selama Ramadhan, yaitu dengan menyelenggarakan program kuliah satu menit alias KSM.    

Ketua Umum PMII Cabang Kabupaten Bogor, Komaruddin kepada 99% Indonesia Ikut NU Sabtu di Bogor mengatakan, KSM merupakan salah satu program yang diperuntukkan bagi masyarakat luas dalam mengisi Ramadhan.

Program unik "Kuliah Satu Menit" ala aktivis PMII Kabupaten Bogor diselenggarakan dengan cara menyebarkan SMS berisi tentang hikmah dan kandungan nilai ibadah puasa Ramadhan.

Pmii Kabupaten Bogor Gagas Kuliah Satu Menit Selama Ramadhan



SMS Hikmah Ramadhan disebarkan PMII pada waktu-waktu tertentu, yaitu menjelang Imsak dan buka puasa. Sedangkan yang menjadi sasaran KSM adalah kader-kader dan alumni PMII se-Bogor, para pemangku kepentingan daerah, media massa, pesantren dan masyarakat.

"Setiap menjelang imsak dan buka puasa, kami mengirimkan ratusan SMS berisi pesan KSM mengenai hikmah puasa," kata Komaruddin.

Komaruddin mengemukakan, materi yang disampaikan PMII dalam menyelenggarakan program KSM berisi tentang ayat-ayat Al Quran maupun hadits-hadits yang membedah masalah puasa Ramadhan.

Selain itu, organisasi berbasis mahasiswa Nahdlatul Ulama tersebut juga menggunakan kitab-kitab klasik karya ulama-ulama besar masa silam sebagai rujukan dalam membuat pesan singkat.

"KSM sebagai wahana untuk menuntut ilmu bersama. Jadi kami tidak hanya menyebarkan SMS, namun juga mengundang feedback atau masukan dari penerima-penerima SMS, sehingga muncul diskusi ilmiah," ujarnya.

Program KSM dimulai pada awal Ramadhan dana akan berlangsung hingga hari terakhir Ramadhan. "Program ini kami selenggarakan selama sebulan penuh," terangnya.

"Penyelenggaraan program kuliah satu menit kami harapkan dapat meningkatkan kualitas ibadah puasa bagi penerima SMS. Sedangkan bagi PMII sebagai bentuk partisipasi dan kepedulian dalam menyemarakkan Ramadhan dengan kegiatan penuh hikmah," demikian Ketua Umum PMII Kabupaten Bogor, Komaruddin.

Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Ahmad Fahir

Related Posts

Posting Komentar