Kader IPNU Probolinggo Ikuti Latpel di Banyuwangi

Posting Komentar
Probolinggo, At Tijani Indonesia. Sedikitnya tiga kader Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Probolinggo mengikuti pelatihan pelatih (latpel) yang digelar oleh Pimpinan Wilayah (PW) IPNU Provinsi Jawa Timur, Kamis (29/1) hingga Ahad (1/2).

Kegiatan yang berlangsung di Pesantren Bahrul Sasrono, Banyuwangi tersebut merupakan sebagai bentuk implementasi pelatihan lanjutan dari Masa Kesetiaan Anggota (Makesta), Latihan Kader Muda (Lakmud) dan Latihan Kader Utama (Lakut) yang diselenggarakan masing-masing PC/PAC (Pimpinan Anak Cabang).

Kader IPNU Probolinggo Ikuti Latpel di Banyuwangi (Sumber Gambar : Nu Online)
Kader IPNU Probolinggo Ikuti Latpel di Banyuwangi (Sumber Gambar : Nu Online)

Kader IPNU Probolinggo Ikuti Latpel di Banyuwangi

“Setidaknya dengan mengikuti pelatihan pelatih ini, mereka nantinya siap menjadi fasilitator jika PC, PAC, PR dan PK IPNU mengadakan Makesta, Lakmud dan Lakut,” ungkap Ketua PC IPNU Kabupaten Probolinggo Eko Cahyono, Jumat (30/1).

At Tijani Indonesia

Dalam latpel ini, PC IPNU Kabupaten Probolinggo mengirimkan kader terbaiknya. Yakni, Mohammad Arifin, Suryadi dan Chandra Dani Cahaya. “Harapan saya dari kegiatan ini adalah ilmu yang diperoleh selama pelatihan nantinya siap diamalkan ke masing-masing PAC, PR dan PK. Selain itu selalu siap membantu PC jika ada pelatihan, baik Makesta, Lakmud ataupun Lakut,” jelasnya.

At Tijani Indonesia

Menurut Eko, ada beberapa materi yang akan diterima oleh para kadernya dalam latpel tersebut. Yakni, analisa diri, kontrak belajar, ideologisasi Aswaja (Ahlussunnah wal Jamaah), ke-NU-an dan ke-IPNU-an, paradigma falsafah pendidikan kader, psikologi dan evaluasi pendidikan kader.

“Materi lain yang akan diikuti adalah managemen pendidikan kader, skill, psikologi perkembangan remaja, metode dan media pendidikan kader, pengembangan kurikulum serta praktek melatih,” terangnya.

Eko menjelaskan keikutsertaan kadernya ini bertujuan untuk mempersiapkan kader-kader terbaik yang nantinya bisa membantu program-program dari PC IPNU Kabupaten Probolinggo. Apalagi program ini merupakan bagian dari program Departemen Kaderisasi dengan PW IPNU Jawa Timur.

“Mudah-mudahan dengan pelatihan ini mereka menjadi pengganti kader-kader PC IPNU berikutnya dan siap menggantikan yang akan segera purna. Di samping juga sebagai patner kami jika ada pelatihan. Setidaknya ada kader yang bisa diandalkan,” pungkasnya. (Syamsul Akbar/Mahbib)

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia Pemurnian Aqidah At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar