IPNU Karawang Layangkan Nota Protes Terkait Soal UAS Aliyah

Posting Komentar
Karawang, At Tijani Indonesia. PC IPNU Karawang melayangkan nota protes terkait soal mata pelajaran Sejarah untuk kelas XII Madrasah Aliyah soal nomor 33 yang dibuat dan dikeluarkan Kepala Kanwil Kemenag Jabar yang melecehkan KH Abdurahman Wahid. 

Dalam soal tersebut tercantum penyebab jatuhnya pemerintahan Gus Dur dengan jawaban Pilihan Ganda (PG) antara lain konon dipicu karena Bulog Gate dan Brunei Gate, sikap kontroversialnya hingga dukungan pada keluarga Cendana. Hal ini menodai warga Nahdliyin. 

IPNU Karawang Layangkan Nota Protes Terkait Soal UAS Aliyah (Sumber Gambar : Nu Online)
IPNU Karawang Layangkan Nota Protes Terkait Soal UAS Aliyah (Sumber Gambar : Nu Online)

IPNU Karawang Layangkan Nota Protes Terkait Soal UAS Aliyah

Atas dasar tersebut PC IPNU Karawang melayangkan surat protes dan keberatan atas soal yang diujikan beberapa hari lalu. Demikian dikatakan Sekretaris PC IPNU Karawang Rudi Sugiri, Senin 10/12.

Menurutnya, soal tersebut seolah membuat isu kesengajaan membangun image negatif terhadap sosok Gus Dur di mata pelajar. Ia menilai pembuatan soal menyangkut objek atau tokoh harusnya bisa selektif dan memenuhi standard yang baik dan beretika. Hingga akhir hayatnya Gus Dur tak pernah terbukti terlibat dalam dua kasus tersebut. 

At Tijani Indonesia

IPNU Karawang melayangkan poin-poin desakan dalam surat protes yang ditujukan pada Kakanwil propinsi, diantaranya harus dan wajib hukumnya pembuat soal meminta diproses secara hukum. Namun tak cukup dengan hal itu, IPNU Karawang meminta agar pembuat soal dicopot dari jabatannya lantaran melanggar profesionalitas sebagai pegawai. IPNU akan layangkan surat protes Selasa (11/12) pada Kemenag propinsi. 

At Tijani Indonesia

“IPNU mendesak selain harus menarik soal dari peredaran juga ada tindakan tegas bagi pelaku pembuatan soal yang ia khawatirkan ditunggangi pula bagi kepentingan tertentu, pasalnya hal itu turun setelah ramai-ramai pula persoalan Sutan Batoegana terkait hal serupa,” katanya.

Redaktur    : Mukafi Niam

Kontributor:  Zaenal Mutaqin

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia Kyai, Ahlussunnah At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar