NU Mesir akan Selenggarakan Seminar Islam dan Terorisme

Posting Komentar

Kairo, At Tijani Indonesia
Dewan Mustasyar dan Syuriah PCI-NU Mesir menyetujui rencana pengurus Tanfidziyah untuk menggelar acara "Seminar Islam dan Terorisme". Keputusan itu diambil pada rapat pleno II, atau? yang lebih familier dikenal sebagai rapat Gabungan antara Mustasyar, Syuriah dan Tanfidziyah PCI-NU Mesir pada Jumat malam (15/7) kemaren di kediaman Fadolan Musyaffa yang terletak di Hay-8 Madinat Nasr Kairo.

Acara akbar ini merupakan agenda tahun kedua PCI-NU Mesir periode 2004-2006 yang telah dirumuskan dalam rapat-rapat Tanfidziyah sebelumnya. Agenda besar yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan September ini, akan menghadirkan tokoh-tokoh berkaliber internasional asal Mesir dan Indonesia. Diantara tokoh yang sempat disebut dalam rapat Pleno tersebut adalah; Mantan Kapolri, Dai Bachtiar, Ketua PBNU, KH. A. Hasyim Muzadi, Pengamat Timteng dari SLIPI, Riza Syihbudi, dan beberapa tokoh lainnya.

Tema Islam dan Terorisme sengaja dipilih karena selain tema ini masih cukup relevan dan menggairahkan, alasan lain yang melatarbelakangi munculnya ide ini adalah penegasan bahwa terorisme tidak hanya bisa diberangus melalui jalur kekuatan, namun selain jalur itu terorisme juga dapat dihapus melalui jalan sosial dan perang pemikiran. Hal ini diungkapkan oleh Katib Syuriah, Mukhlis Hanafi, M.A. pada saat memimpin rapat ini: "Kita ingin menegaskan bahwa terorisme tidak hanya dapat ditanggulangi lewat jalur kekuatan, namun ada jalan lain yang bisa kita lakukan yaitu melalui jalan perang pemikiran, Ghazw al-Fikr", katanya.

Selain pembahasan Seminar Islam dan Terorisme, Rapat pleno II ini juga membahas tentang Laporan Pertanggungjawaban pengurus Tanfidziyah masa kerja tahun pertama. Secara garis besar laporan kerja ini diterima dan mendapatkan apresiasi yang cukup menggembirakan. Agenda lain yang tak kalah menariknya yaitu rencana Sarasehan Pendidikan Islam yang akan dilaksanakan pra acara seminar Islam dan Terorisme serta beberapa rancangan agenda kerja lainnya.

Rapat pleno yang dimulai sejak pukul 19.00 Waktu Kairo ini dihadiri sekitar 30 orang yang terdiri dari jajaran Mustasyar, Syuriah dan Tanfidziyah serta perwakilan dari pengurus "Sapu Jagad" (kader PCI-NU angkatan 2005). Acara yang diawali dengan membaca burdah dan barzanji akhirnya ditutup dengan doa bersama pada jam 1 dini hari.

Kontributor Mesir : M. Ulinnuha Husnan

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia Halaqoh At Tijani Indonesia

NU Mesir akan Selenggarakan Seminar Islam dan Terorisme (Sumber Gambar : Nu Online)
NU Mesir akan Selenggarakan Seminar Islam dan Terorisme (Sumber Gambar : Nu Online)

NU Mesir akan Selenggarakan Seminar Islam dan Terorisme

Related Posts

Posting Komentar