Dandim Batam: Banser Prajurit Penjaga NKRI

Posting Komentar
Batam, At Tijani Indonesia

Dandim Kota Batam Kepulauan Riau Letkol Inf Andres Nanang Dwi Prastowo Marbun menyebut, Banser termasuk prajurit yang turut menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Saya Khatolik, tapi saya tidak asing dengan Banser karena om saya di Demak, Jawa Tengah juga Banser," ujar dia, di Batam, Ahad (28/11) malam.

Dandim Batam: Banser Prajurit Penjaga NKRI (Sumber Gambar : Nu Online)
Dandim Batam: Banser Prajurit Penjaga NKRI (Sumber Gambar : Nu Online)

Dandim Batam: Banser Prajurit Penjaga NKRI

Pandangan Banser dan TNI, lanjut dia, tidak berbeda, sama-sama NKRI. "Selain mempunyai tugas mengawal kiai, Banser dan TNI sama-sama menjaga NKRI," ujar pria kelahiran Solo, Jawa Tengah itu kepada peserta Kursus Banser Pimpinan (Susbanpim) III.?

Ia lalu menceritakan sedikit masa kecilnya. Menurut Dandim Batam itu, saat shalat tarawih di bulan Ramadhan, dirinya mendapat bagian menjaga sandal, setelah itu mendapat tajilan.

"Tugas lebih Banser sebagai prajurit muslim juga untuk menjaga aqidah nasional, menjaga kehidupan toleransi beragama. Sama dengan saya, juga punya tanggung jawab untuk itu," paparnya.

At Tijani Indonesia

Ia mengaku telah mendengar mengenai sejarah Banser dari pidato Jenderal TNI Gatot Nurmantyo tentang awal mula pemuda pembela tanah air atau (Peta) yang berasal dari santri dan Banser.

At Tijani Indonesia

"Saya sangat menghormati apa yang dilakukan Banser. Bahwa agama merupakan hal pribadi. Berkaitan dengan adanya isu perpecahan yang mungkin karena kepentingan politik, kita bersama-sama tetap menjaga NKRI," pungkasnya saat bertatap muka dengan peserta Susbanpim III dan jajaran Satkornas Banser. (Gatot Arifianto/Abdullah Alawi)

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia Hadits At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar