LKNU Gelar Sosialisasi TB-HIV di NTB

Posting Komentar
Mataram, At Tijani Indonesia. Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama kerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan Global Fund menggelar seminar kolaborasi TB-HIV di Aula Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Kelurahan Dasan Seremn Kota Mataram Nusa Tenggara Barat (07/05/15).

LKNU Gelar Sosialisasi TB-HIV di NTB (Sumber Gambar : Nu Online)
LKNU Gelar Sosialisasi TB-HIV di NTB (Sumber Gambar : Nu Online)

LKNU Gelar Sosialisasi TB-HIV di NTB

"Kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan dari sejak tahun 2011 sampai saat ini," ujar dr. Handomi ketua LKNU NTB kepada At Tijani Indonesia.

Kegiatan ini dilakukan selama 3 hari sejak 07-09 Mei 2015 dalam bentuk berbeda "Hari ini (07/05) acaranya seminar dari semua unsur NU, pesantren, dan Banom serta perwakilan Lembaga yang ada di NU NTB," tambahnya.

At Tijani Indonesia

Selain acara seminar akan dilanjutkan dengan pelatihan komunikasi selama dua hari pada tanggal 08-09 Mei 2015.

At Tijani Indonesia

"Seminar ini dilanjutkan dengan pelatihan interkomunkasi selama dua hari dengan jumlah 25 orang peserta dari 5 perwakilan ponpes NU yang ada di NTB," kata dr. Handomi, sapaan akrabnya.

Adapun tujuan dari kegiatan pelatihan selama dua hari adalah agar para kader dan santri khususnya yang masuk menjadi peserta dapat memiliki kemampuan komunikasi yang baik di bidang kesehatan.

"Harapan kami nanti yang 25 orang ini bisa berkomunikasi yang baik dalam mengkampanyekan tentang kesehatan khususnya TB DOTS di tempatnya masing-masing" urainya.

Di tempat yang sama perwakilan PP LKNU Nasrullah mengatakan kegiatan seperti ini sudah dilakukan di 4 daerah di antaranya Kalimantan Selatan, Sumatra Selatan, Bali dan termasuk NTB.

"Mudah-mudahan ke depan kita bisa jangkau semua daerah yang ada di Indonesia," harap Nasrullah.

Kasubdit TB Kemenkes RI dr. Risti Widianingsih, M.Kes menyatakan pihaknya menggadeng ormas seperti NU yang memiliki basis besar di kalangan bawah agar masyarkat luas lebih cepat mendapatkan informasi tentang kesehatan.

Karena pihaknya selain melakukan sosialisasi melalui dinas kesehatan yang ada di daerah juga menggandeng semua agama. "Agama-agama lain juga kami gandeng sebagai upaya penanggulangan kesehatan khususnya TB," sebutnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Dinas Kesehatan Prov. NTB dr. Eka Junaidi dan dihadiri juga oleh ketua PWNU NTB Tgh. Acmad Taqiuddin Mansur dan sekita 75 peserta dari perwakilan Banom, Lajnah, Ponpes dan perwakilan Puskesmas yang ada di Kota Mataram. (hadi/mukafi niam)    

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia AlaSantri, Ulama At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar