Jelang Kaukus, Kandidat Presiden As Manfaatkan Detik-detik Terakhir

Posting Komentar
Des Moines,  Para kandidat Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat memanfaatkan saat-saat terakhir menjelang kaukus Iowa dengan menyampaikan pesan singkat. Konsepnya singkat, padat, dan menarik.

Barack Obama yang berambisi menjadi presiden pertama berkulit hitam menyampaikan pesan sebagai berikut. "Begitulah cara kita memperbaiki layanan kesehatan, membuat universitas terjangkau, energi tidak bergantung negara lain, dan mengakhiri perang," kata senator dari Negara Bagian Illinois itu, dalam tayangan televisi selama dua menit yang disiarkan saat makan malam.

Sementara Hillary Clinton, yang digadang-gadang menjadi presiden perempuan pertama di AS tidak mau kalah. "Kalau Anda berdiri bersama saya semalam, saya akan berdiri untuk Anda tiap hari sebagai presiden Anda. Saya akan menyerahkan seluruh hati saya untuk membawa awal baru bagi negeri tercinta ini dan saya akan mulai pada hari pertama," kata istri mantan Presiden AS Bill Clinton itu.

Jelang Kaukus, Kandidat Presiden As Manfaatkan Detik-detik Terakhir


Lain lagi dengan John Edwards. Dia minta seorang buruh yang dipecat untuk menyampaikan pesan singkatnya. "Saya menginginkan seseorang yang mau jongkok, menatap mata bocah tujuh tahun dan berkata, "Saya akan memperjuangkan pekerjaan untuk ayahmu"," kata Bishop ketika memperkenalkan Edwards kepada massa.

Pesan-pesan singkat itu diharapkan menjadi pesan kunci untuk meyakinkan para pemilih sebelum masuk kaukus Iowa Kamis. Dengan cara begitu, para kandidat berharap mampu menarik dukungan pemilih pada detik-detik terakhir.

Dalam jajak pendapat terakhir, Obama unggul tipis atas Hillary dan Edward. Kaukus Iowa sangat penting untuk menentukan hasil akhir di konvensi nasional partai beberapa bulan mendatang.

Tidak seperti Partai Demokrat, persaingan di tubuh Partai Republik untuk memperebutkan tiket calon presiden lebih sulit diprediksi. Seperempat calon pemilih di kaukus mengaku belum menentukan pilihan. Dalam kondisi demikian kampanye menjadi sangat penting. Apalagi, saat ini sebagian besar Iowa ditutup salju sehingga menghambat orang pergi ke tempat pemungutan suara (TPS).

Saat inilah para kandidat dituntut beradu strategi untuk mengingatkan calon pemilih agar mau pergi ke TPS. Salah satunya dilakukan tim kampanye Mitt Romney. Minggu (30/12) lalu saja mereka sudah 12.000 kali menelepon untuk mengingatkan calon pemilih.

Momen itu ditengarai memicu munculnya cara-cara kotor. Misalnya, ada tim kampanye yang sengaja menelepon calon pemilih potensial partai saingannya untuk disesatkan ke TPS yang salah.

Selama ini reputasi Iowa tersohor sebagai salah satu negara bagian yang menjadi kunci kemenangan seorang kandidat untuk mendapatkan kemenangan di fase selanjutnya. Di antara "produk" yang memenangi konvensi di negara bagian Iowa adalah George W. Bush. Kampanye 2008 ini adalah salah satu fase yang cukup terbuka dan unik. Sebab, sejak 50 tahun terakhir, baru pilpres AS tahun ini yang tidak didapati calon presiden dari presiden atau wakil presiden incumbent.

Polling Reuters menunjukkan bahwa Rabu (2/1) dukungan terhadap Hillary menurun dan terjadi swinger, perpindahan suara, ke kubu Obama oleh beberapa pemilih. Nilai kedua kandidat capres Partai Demokrat itu saat ini seimbang di posisi 28 persen, sedangkan Edward berada di posisi 26 persen.

Mantan Gubernur Arkansas Will Huckabee memimpin polling Partai Republik dengan perolehan poin 28 persen. Mantan pemimpin Massachusetts Romney berada di urutan kedua dengan perolehan 26 persen dukungan. Disusul senator Arizona John Mc Cain dan mantan Senator Tennessee Fred Thompson yang masing-masing mendapat 12 persen dukungan.

Kaukus Partai Demokrat akan dimulai pukul 18.30 waktu setempat (pukul 06.30 WIB hari ini) dan kaukus Partai Republik dimulai setengah jam setelahnya. Peserta kaukus di Iowa terbesar terdapat pada 2004 dengan jumlah 124.000 orang.

Sedangkan partisipan kaukus Partai Republik yang tertinggi terjadi pada 2000 dengan 87.000 orang. Temperatur yang sangat beku tampaknya tidak akan membuat rekor peserta kaukus tertinggi itu terlampaui. (ap/rtr/zul/ruk/dar)

Sumber : http://www.nu.or.id/post/read/10965/jelang-kaukus-kandidat-presiden-as-manfaatkan-detik-detik-terakhir

Related Posts

Posting Komentar