Jangan Berfatwa Tanpa Ilmu

Posting Komentar
Diriwayatkan bahwa imam abu Hanifah lewat disebuah jalan,kemudian beliau melihat seorang lelaki mencuri sebuah apel lalu disedekahkan.

Imam Abu Hanifah lalu bertanya pdnya : *kenapa kamu mencuri??? Aku kira kamu lapar !!!*
Lelaki itu menjawab : *tidak wahai tuan*_*(ia tdk tahu bhw yg bertanya adalah imam abu Hanifah)*_

*Aku sedang berdagang dg tuhanku*
Imam Abu Hanifah : *Berdagang bagaimana???*
Lelaki : *aku mencuri sebuah apel,mk akan dicatat bagiku satu kejelekan(dosa),lalu apel itu kusedekahkan lagi,mk aku akan memperoleh sepuluh kebaikan(pahala) dan tersisa 9 pahala utkku...jadi,aku memperoleh untung 9 pahala.itulah yg ku maksud berdagang dg tuhanku*

Jangan Berfatwa Tanpa Ilmu - Syaikh Sholeh Basalamah
Jangan Berfatwa Tanpa Ilmu - Syaikh Sholeh Basalamah


Imam Abu Hanifah lalu berkata pdnya :

*"engkau mencuri,mk akan dicatat atasmu satu dosa,kemudian kamu bersedekah dg barang curian trsbt dan sedekahmu tdk akan diterima oleh Allah swt...krn Allah swt thoyyibun(zat yg maha baik) dan tdk akan menerima kecuali perkara yg baik...mk akan tetap atasmu satu dosa.*

Brp byk org2 sprt ini dizaman kita saat ini...berfatwa utk dirinya sendiri atau utk org lain tanpa dalil...
Ia mendebat dg kebathilan dan ia mengira bhw ia berada dlm kebenaran

Menetapkan hukum pd nash yg ia baca tanpa bertanya dan kembali pd ahli ilmu

Smg Allah swt memaafkan dan mengampuni kita semua dr mengikuti hawa nafsu dan smg Allah swt memperbaiki dan membersihkan amal ibadah kita dr perkara2 harom dan syubhat

Aaamiiiin ya rob

Related Posts

Posting Komentar