IPNU-IPPNU Lasem Gelar Latihan Kader Muda

Posting Komentar
Lasem, At Tijani Indonesia. Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Lasem menggelar Latihan Kader Muda (Lakmud) angkatan pertama di Gedung LP Ma’arif NU Lasem Jln. Sunan Bonang Km. 01 No. 87 Lasem 59271.

IPNU-IPPNU Lasem Gelar Latihan Kader Muda (Sumber Gambar : Nu Online)
IPNU-IPPNU Lasem Gelar Latihan Kader Muda (Sumber Gambar : Nu Online)

IPNU-IPPNU Lasem Gelar Latihan Kader Muda

Lakmud yang digelar mulai Jum’at Jum’at (24/5) lalu, diikuti 50 pelajar dari Pimpinan Komisariat IPNU IPPNU se-Ancab Lasem di buka secara resmi oleh Ketua Tanfidziyah Pengurus MWC NU Lasem.

Hadir dalam kesempatan tersebut Pengurus Pimpinan cabang IPNU IPPNU Lasem beserta segenap pengurus. Tampak pula ketua Pimpinan Komisariat IPNU IPPNU se-Ancab Lasem, Kapolsek lasem dan pengurus NU Lasem KH. Shidiq Hasan Lc. Dalam opening ceremonial Lakmud.

At Tijani Indonesia

Dalam taushiyahnya, Ketua Tanfidziyah MWC NU Lasem mengatakan, IPNU IPPNU merupakan tahapan organisasi kader NU pemula. Oleh karena itu NU juga harus mendorong dan mempehatikan agar dapat menerima tongkat estafet kepemimpinan dari NU.

At Tijani Indonesia

“Yang dulu IPNU berubah menjadi Ikatan Putra dan akhirnya berubah menjadi Ikatan pelajar kembali, maka para pelajar harus menjadi garapan utama bagi IPNU,” ungkapnya.

ketua PAC IPNU Lasem mengatakan, Lakmud merupakan pelatihan yang menekankan pada pembentukan watak, motivasi pengembangan diri dan rasa memiliki organisasi dan keterampilan berorganisasi serta upaya pembentukan standar kader. 

Melalui kegiatan LAKMUD ini PAC IPNU IPPNU Lasem beharap agar mampu menciptakan kader nahdliyin yang berpegang teguh pada ajaran Islam ahlu sunnah wal jama’ah (Aswaja). Selain itu juga diharapkan agar tercipta kader yang mempunyai kesadaran tinggi dalam berorganisasi, mempunyai kerjasama yang tinggi, loyal, berkomitmen pada IPNU dan bisa mempunyai keresahan/merasakan terhadap suatu masalah, sehngga kita bisa mencari masalah dan mencari solusi dari masalah tersebut.

“Diharapkan pula para peserta Lakmud mampu melompat estafet ke jenjang selanjutnya di tingkat Anak Cabang, bahkan sampai ke Cabang. Serta para peserta Lakmud tidak hanya berhenti sampai setelah acara lakmud saja, tapi bisa menerapkan ilmu yang di dapat dari kegiatan tersebut. Oleh sebab itu IPNU IPPNU harus merasa tanggung jawab dan melakukan kunjungan ke para peserta lakmud serta pemberdayaan potensi kader,” tambahnya.

Materi yang di sajikan dalam lakmud ini cukup variatif. Selain materi utama seperti ke-IPNU IPPNU-an dank e-NU-an, juga ada materi tentang Ahlusunnah wal Jama’ah (Aswaja), manajemen keorganisasian, teknis persidangan, leadership, kerjasama hingga pengkaderan.

Selain itu dalam kegiatan Lakmud diisi pula out bond dan renungan malam, untuk bisa lebih membekas di hati para peserta, demi menggalang kader baru yang berwawasan dan berkomitmen.

Redaktur     : A. Khoirul Anam

Kontributor : Akhmad Sayuti

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia AlaSantri, Olahraga At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar