Jelang Idul Adha, NU Pringsewu Terbitkan Materi Khutbah

Posting Komentar
Pringsewu, At Tijani Indonesia. Mengingatkan Hikmah Ibadah kurban dan Haji sebagai dua Ibadah yang identik dengan Hari Raya Idul Adha, Lembaga Talif Wan Nasyr (LTN) NU Pringsewu menerbitkan buku Materi Khutbah Idul Adha 1438 H yang mengangkat tema tersebut.

Jelang Idul Adha, NU Pringsewu Terbitkan Materi Khutbah (Sumber Gambar : Nu Online)
Jelang Idul Adha, NU Pringsewu Terbitkan Materi Khutbah (Sumber Gambar : Nu Online)

Jelang Idul Adha, NU Pringsewu Terbitkan Materi Khutbah

Dengan buku yang didistribusikan untuk para khatib di Kabupaten Pringsewu dengan Judul Mengurai Makna Ibadah qurban dan Haji tersebut, diharapkan para khotib memiliki referensi materi yang terkait dengan momen Idul Adha.

"Terkadang kita jumpai para khotib memberikan materi khutbah tidak sesuai dengan konteknya. Ini tentunya tidak akan memaksimalkan hasil atau output dari khutbahnya ," ujar Sekretaris LTNNU Pringsewu Muhammad Mustanir menyikapi fenomena para khatib ditengah-tengah masyarakat, Sabtu (26/8).

Menjawab fenomena ini, LTNNU Pringsewu mencoba memberikan referensi materi yang terkait Idul Adha dengan kajian mendalam dan kekinian. "Khatib harus kreatif dengan materi yang menarik. Jangan selalu terpaku dengan Buku Khutbah yang sudah dibaca berulang-ulang," katanya.

Program penerbitan buku ini lanjutnya merupakan program rutin yang dilakukan LTNNU Pringsewu sebagai Lembaga yang membidangi masalah penulisan dan penerbitan ini. Selain memberikan variasi isi khutbah kepada khotib, langkah ini juga dilakukan untuk menyerempakkan materi agar pemahaman mendalam tentang hikmah Haji dan Kurban diperoleh oleh masyarakat.

At Tijani Indonesia

Khutbah tersebut, lanjut Mustanir, juga merupakan upaya LTN NU Pringsewu memberikan materi khutbah yang didalamnya dilengkapi dengan rukun-rukun yang lengkap. Syarat dan rukun dalam berkhutbah sangat penting diperhatikan oleh para khotib karena hal ini menentukan sah atau tidaknya khutbah yang disampaikan.

"Mudah-mudahan buku ini dapat memberikan manfaat bagi khotib khususnya dan bagi masyarakat di Kabupaten Pringsewu pada umumnya," katanya seraya berharap program penerbitan materi khutbah ini akan dapat berjalan dengan istiqomah. (Muhammad Faizin/Fathoni)

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia

At Tijani Indonesia Anti Hoax At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar