Ini 6 Permasalahan Koperasi yang Perlu Dipahami

Posting Komentar
Malang,? At Tijani Indonesia. Puluhan kader GP Ansor yang merupakan utusan dari 23 PC Ansor di Jawa Timur menelaah permasalahan kelembagaan koperasi di Hotel Maxone, Kota Malang, Selasa (22/3). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari sesi pelatihan manajemen koperasi yang diselenggarakan Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Owner Koperasi Warga di Kota Malang, Priyanto Budi Santoso, tampil sebagai fasilitator. Sejauh ini, kebanyakan koperasi yang ada di Jawa Timur masih melakukan transaksi dengan masyarakat umum, bukan dengan anggotanya.

Ini 6 Permasalahan Koperasi yang Perlu Dipahami (Sumber Gambar : Nu Online)
Ini 6 Permasalahan Koperasi yang Perlu Dipahami (Sumber Gambar : Nu Online)

Ini 6 Permasalahan Koperasi yang Perlu Dipahami

Karena itu, kader-kader Ansor yang jadi peserta pelatihan, dituntut untuk bisa meretas solusi atas persoalan tersebut. Yaitu, dengan menguasai dan menjalankan aspek-aspek dalam koperasi: idealisme koperasi, kelembagaan, manajemen, permodalan, dan usaha.

Di samping itu, terdapat pokok dan permasalah mendasar koperasi, yaitu keterbatasan sumber daya khususnya SDM dan belum berperannya koperasi untuk memberdayakan ekonomi rakyat.

At Tijani Indonesia

"Permasalahan tersebut mengerucut pada 6 persoalan," terang Priyanto Budi Santoso.

Pertama, terangnya, kerja sama antar koperasi yang belum berjalan. Kedua, lemahnya kualitas SDM koperasi dan UKM. Ketiga, pengelolaan koperasi dan UKM yang belum profesional.

Disusul masalah keempat berupa diklat koperasi dan UKM yang belum efektif dan terpadu. Kelima, rendahnya partisipasi anggota, dan terakhir bank yang belum percaya kepada Koperasi dan UKM. (Hairul Anam/Fathoni)

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia

At Tijani Indonesia Internasional, Pahlawan At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar