Ketua PCNU Surabaya: Fatwa Resolusi Jihad Antarkan Kemerdekaan Indonesia

Posting Komentar
Surabaya, At Tijani Indonesia - Rombongan kirab santri Resolusi Jihad tiba di Kantor PCNU Surabaya Jalan Bubutan Gg VI Nomor 1 Surabaya, Jumat (20/10) malam. Peserta kirab disambut oleh IPNU Surabaya lengkap dengan Banjarinya.

Ketua PCNU Surabaya H Muhibbin Zuhri mengenalkan satu per satu pengurus yang mendampinginya, yaitu Wakil Ketua Gus Zainuddin Azmi yang juga cucu pencipta logo NU, Sekretaris PCNU Surabaya Mochammad Hamzah yang juga mantan Ketua IPNU Jawa Timur.

Ketua PCNU Surabaya: Fatwa Resolusi Jihad Antarkan Kemerdekaan Indonesia (Sumber Gambar : Nu Online)
Ketua PCNU Surabaya: Fatwa Resolusi Jihad Antarkan Kemerdekaan Indonesia (Sumber Gambar : Nu Online)

Ketua PCNU Surabaya: Fatwa Resolusi Jihad Antarkan Kemerdekaan Indonesia

Muhibbin Zuhri mengajak para peserta kirab untuk melihat secara langsung gedung Hoofd Bestuur Nahdlatoel Oelama (HBNO) atau kantor pusat NU.

At Tijani Indonesia

Ia mengatakan, seandainya tidak ada fatwa Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945 tidak mungkin kita menghirup udara segar mandiri ini. "Di sinilah Resolusi Jihad difatwakan oleh Hadlratussyekh Hasyim Asyari dan para kiai berkumpul di sini," kata Muhibbin sambil menunjukkan ruang tengah Kantor PCNU Surabaya itu.

Setelah kemerdekaan diproklamirkan, sekutu tidak ingin kemerdekaan Indonesia dilepas begitu saja. Bung Karno bilang siapakah yang bisa melawan sekutu kalau bukan rakyat, rakyat harus digerakkan. "Waktu itu TNI masih belia, masih baru berdiri. Kalau anak sekarang bilang masih unyu-unyu," tegasnya.

Rakyatlah yang melawan. Lalu siapakah yang bisa menggerakan rakyat. Akhirnya Bung Karno mengutus orang untuk bertemu KH Haysim Asyari dan meminta fatwa bangsa di Tebuireng sekitar akhir September. Pada tanggal 22 Oktober 1945 lahirlah Resolusi Jihad.

At Tijani Indonesia

"Sebagai santri harus mengambil peran peran strategis di negeri ini. Anak-anak muda NU harus mengasah keterampilan yang tangguh. Saatnya nanti generasi muda ini membawa Indonesia lebih baik," pungkas Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya ini. (Rof Maulana/Alhafiz K)

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia Ahlussunnah At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar