Penyuluhan via Aplikasi, MA Unggulan Nuris Sabet Juara LKTI

Posting Komentar
Jember, At Tijani Indonesia - Satu lagi prestasi Madrasah Aliyah Unggulan Nuris, Antirogo, Jember, Jawa Timur yang layak? diacungi jempol. Yaitu meraih juara 1 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) di Univesitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Singaraja, Bali, belum lama ini. Tim KTI (Karya Tulis Ilmiah) MA Unggulan Nuris yang terdiri dari Afaf Mutia Zahwa, Kavilatul Bariroh dan Muhammad Kholid ini dapat mengungguli? 92 KTI lain dari berbagai sekolah ternama di tanah air. Murid-murid kelas XI IPA tersebut mengusung judul “Aprengers (Aplication of Reproductive for Teenagers) Sistem Informasi Kesehatan Reproduksi Berbasis Mobilephone Aplication dalam Mengurangi Triad KRR pada Remaja”.?

Menurut Afaf, latar belakang diangkatnya tema tersebut berangkat dari kekhwatiran semakin meningkatnya kenakalan remaja, khususnya yang terkait dengan penyalahgunaan narkoba dan seks di luar nikah. Dua hal ini berkelit kelindan dengan kian suburnya virus HIV/AIDS.

“Awalnya kami mengirim abstrak dan karya kami melalui email ke panitia LKTI di Undiksha. Ternyata karya kami dinilai layak presentasi di babak final, dan terpilih 10 peserta terbaik, bahkan akhirnya juara. Alhamdulillah,” ujar Afaf di sela-sela persiapan presentasi final di UGM, Yogyakarta di Nuris, Sabtu (7/1).

Penyuluhan via Aplikasi, MA Unggulan Nuris Sabet Juara LKTI (Sumber Gambar : Nu Online)
Penyuluhan via Aplikasi, MA Unggulan Nuris Sabet Juara LKTI (Sumber Gambar : Nu Online)

Penyuluhan via Aplikasi, MA Unggulan Nuris Sabet Juara LKTI

Afaf menguraikan, gagasan yang diusung dari tema tersebut adalah solusi pencegahan kenakalan remaja, khususnya yang terkait dengan penyalahgunaan narkoba, seks bebas hingga berdampak pada semakin meningkatnya penyakit AIDS. Solusi tersebut berupa penyuluhan via HP dengan fitur menarik. Yaitu teknologi aplikasi Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) yang di dalamnya terdapat fitur KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi).

KIE ini tidak haya berupa ulasan materi berupa ebook tapi juga dikemas dalam bentuk game triad KRR (napza, seksualtias,HIV/AIDS). “Di dalamnya juga? ada kontak person dokter dan ahli kesehatan produksi yang bisa dihubungi untuk proses konsultasi langsung dengan sang ahli apabila mengalami masalah triad KRR,” jelasnya.

Menurut Afaf, saat ini 60 persen penyalahgunaan narkoba dilakukan remaja. 64 persen di antaranya terjangkit virus HIV saat remaja. Tidak hanya itu, prilaku berpacaran remaja yang cenderung bebas juga banyak mengkibatkan kehamilan, dan tak jarang pula dilakukan aborsi.

At Tijani Indonesia

Semua itu, kata Afaf, salah satu penyebabnya adalah karena pengetahuan mereka soal kesehatan reproduksi remaja sangat minim. “Media penyuluhan saat ini masih konvensional. Karena itu kita tawarkan solusi modern yang dekat dengan dunia remaja, yaitu aplikasi di HP,” urainya.

Prestasi tersebut melengkapi prestasi serupa yang diraih sebelumnya oleh lembaga di bawah naungan Pondok Pesantren Nuris, Antirogo, Jember. Yaitu SMA Nuris Jember meraih juara 2 di Unibraw, Malang dan? SMK Nuris Jember menggondol juara 3 di Ponpes Al-Amien, Sumenep, Madura. (Aryudi A. Razaq/Abdullah Alawi)

At Tijani Indonesia

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia Budaya At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar