PWNU DIY Gelar Kirap Budaya

Posting Komentar
Bantul, At Tijani Indonesia. Berbagai elemen masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa terlihat memadati lapangan Piyungan, Bantul, Yogyakarta, Sabtu pagi (11/5), guna mengkuti acara Kirap Budaya yang diadakan oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama’ (PWNU) DIY, sebagai salah satu dari berbagai rangkaian kegiatan peringatan Harlah ke-90 NU.

PWNU DIY Gelar Kirap Budaya (Sumber Gambar : Nu Online)
PWNU DIY Gelar Kirap Budaya (Sumber Gambar : Nu Online)

PWNU DIY Gelar Kirap Budaya

Sebelum Kirap Budaya dimulai, sekitar pukul 08.00 pagi, acara terlebih dahulu didahului dengan apel pagi yang diikuti oleh siswa-siswa dan guru-guru sekolah, mulai dari tingkatan TK hingga SMP Ma’arif yang berada di Piyungan, Bantul, Yogyakarta. 

Setelah apel usai, dengan mengenakan pakaian yang beraneka ragam, para pasukan Kirap Budaya yang terdiri dari berbagai komunitas budaya, siswa-siswa sekolah Ma’arif NU, IPNU, IPPNU, juga ibu-ibu Muslimat-Fatayat NU yang berada di Piyungan dan sekitarnya, mulai mengitari rute yang telah ditentukan. Yakni dimulai dari lapangan Piyungan, Jl. Prambanan, Berbah, Kid’s Fun, dan kemudian berakhir di lapangan Piyungan kembali. Ada yang berjalan kaki, menggunakan sepeda motor, mobil pick-up, pun ada pula yang menggunakan kereta sebagai kendaraan. 

At Tijani Indonesia

Kasmat Hidayat, selaku panitia acara ini menuturkan, bahwa tujuan diadakannya Kirap Budaya, berikut rangkaiannya adalah untuk memperkenalkan kembali budaya-budaya nusantara, seperti wayang dan reog kepada masyarakat, sekaligus sebagai upaya pelurusan terhadap kesalahpamahaman yang telah mengakar. 

“Selama ini, banyak orang-orang NU yang tidak suka terhadap wayang, reog karena menganggap itu bukan budaya Islam. Padahal, Walisongo dulu juga berdakwah pake’ wayang kan?”, ujarnya.

At Tijani Indonesia

Oleh karena itu, diharapkan dari acara Kirap Budaya ini nantinya dapat membangkitkan kembali semangat warga NU, khususnya di daerah Piyungan untuk lebih menghargai kebudayaan Nusantara. 

“Selain itu, diharapkan juga dari kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan ma’arif NU,” tandasnya. 

Redaktur    : Mukafi Niam

Kontributor: Dwi Khoirotun Nisa’

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia Bahtsul Masail, Warta, Santri At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar