Membaca di Masjid Agung Solo

Posting Komentar
Solo, At Tijani Indonesia. Keberadaan perpustakaan sangatlah penting bagi umat Islam untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan peradaban. Pada masa kejayaan Islam, perpustakaan merupakan sarana untuk belajar, hingga muslim mampu membangun peradaban besar yang bertahan lama.

Kondisi saat ini, budaya menulis dan membaca tak lagi sebesar dulu. Efeknya, banyak pengetahuan tak terdokumentasi dengan baik.

Membaca di Masjid Agung Solo (Sumber Gambar : Nu Online)
Membaca di Masjid Agung Solo (Sumber Gambar : Nu Online)

Membaca di Masjid Agung Solo

Hal inilah yang memberi kesadaran umat untuk membangun perpustakaan di masjid. Salah satunya di masjid Agung Solo. Perpustakaan tersebut bahkan dibuat bangunan tersendiri. Ke depan perpustakaan di Masjid Agung bahkan akan membuat gebrakan baru.

At Tijani Indonesia

Menurut salah satu pengurus perpustakaan, Ida (24), Perpustakaan Masjid Agung memang sebentar lagi diproyeksikan untuk anak-anak dengan mayoritas buku anak-anak,“Pertimbangannya di sekitar sini banyak sekali sekolah. Yang sering ke sini juga kebanyakan anak-anak,” tutur Ida.

Koleksi perpustakaan tersebut saat ini ada 3.000-an judul buku. Sebagian besar adalah buku anak-anak dan cerita Islam serta pengetahuan Islam. Perpustakaan itu setiap hari buka 09.30–11.30 WIB. Lalu pada sore hari buka pukul 16.00-17.30 WIB. Rata-rata pengunjung 3-10 orang per hari.

At Tijani Indonesia

Dengan sumber daya yang ada, harapannya nanti perpustakaan akan lebih ramai pengunjung. Selain itu tantangan ke depan yakni bagaimana perawatan koleksi buku yang ada juga memaksimalkan potensi buku yang sudah ada.

Redaktur? ? ? ? ? ? : Abdullah Alawi

Kontributor? ? : Ajie Najmuddin

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia Daerah, Berita, Tokoh At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar