Pelajar Brebes Diuji Pelajaran Islam dengan Lomba

Posting Komentar
Brebes, At Tijani Indonesia. Penerapan kurikulum Pendidikan Agama Islam, akan terlihat keberhasilannya manakala mampu meresap dan tertanam pemahaman agama sejak dini. Sehingga pada saat dewasa, memiliki kemampuan beribadah dengan benar dan tidak menyimpang dari syariat.

Untuk menguji kemampuan siswa dalam penerapan kurikulum, para siswa se-Kabupaten Brebes diuji kemampuan pendalaman agamanya lewat lomba mata pelajaran pendidikan agama Islam dan seni Islami (Mapsi). 

Pelajar Brebes Diuji Pelajaran Islam dengan Lomba (Sumber Gambar : Nu Online)
Pelajar Brebes Diuji Pelajaran Islam dengan Lomba (Sumber Gambar : Nu Online)

Pelajar Brebes Diuji Pelajaran Islam dengan Lomba

“Dengan intensitas lomba, maka akan terlihat sampai sejauh mana penyerapan dan penerapan siswa dalam menjalankan agamanya. Karena ada penanaman jiwa sportifitas dan pendalaman keimanan,” ujar Ketua Panitia lomba Mapsi ke-16 tingkat Kabupaten Brebes Amin Tolib MAg di Lapangan Pondok Pesantren Modern Al Falah Jatirokeh Songgom Brebes, Jawa tengah, Rabu (16/10).

At Tijani Indonesia

Diupayakan, lanjut Amin Tolib, lewat lomba Mapsi siswa mampu meningkatkan ibadah shalat, menggairahkan belajar Al-Quran dan berlatih dakwah. Dan yang lebih utama, tercipta akhlakul karimah, budi pekerti luhur dan ukhuwah islamiyah. “Kalau sudah berakhlakul karimah, siswa siswi akan memiliki pondasi yang kuat sehingga tidak terpengaruh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” tegas Amin Tolib.

MAPSI dibuka Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE dengan memukul kenthongan dan penyematan tanda peserta. Dalam sambutannya dia berharap ajang ini bisa dijadikan barometer keberhasilan penyerapan ilmu agama pada peserta didik. 

At Tijani Indonesia

Lebih dari itu, kata Idza, lomba MAPSI agar dilakukan secara serius meskipun sudah menjadi agenda kegiatan tahunan. Sehingga pada akhirnya mampu membawa misi Kabupaten Brebes menjadi yang terbaik ditingkat Provinsi Jawa Tengah.

Lomba diikuti 442 siswa SD/MI dari 17 Kecamatan se-Kab Brebes. Masing-masing kecamatan mengirimkan 26 siswa. Mereka mengikuti 9 mata lomba yakni Pengetahuan Agama dan BTQ, Ketrampilan Adzan, LCC PAI dan Umum, Seni Khot dan Kaligrafi, Cipta Khitobah dan Seni Berkhitobah, Cipta Cerita Islami dan Bercerita Islami, Seni Tilawah Al Quran, Seni Macapat Islami dan Seni Musik Rebana.  

Para pemenang lomba, akan menjadi duta Kab Brebes untuk tingkat Provinsi Jateng dalam lomba yang sama pada 21 November 2013 di Kabupaten Banjarnegara. (Wasdiun/Abdullah Alawi)      

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia Pemurnian Aqidah, Olahraga, Bahtsul Masail At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar