Madrasah Ini Cetak Para Muballigh Muda Lewat Lomba Pidato

Posting Komentar
Brebes, At Tijani Indonesia

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Brebes 01 mencetak mubaligh muda lewat lomba Pidato pada peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Mereka tampil memukau dihadapan dewan juri dan teman-teman sekolahnya dengan gaya dan suara khas mereka.?

Madrasah Ini Cetak Para Muballigh Muda Lewat Lomba Pidato (Sumber Gambar : Nu Online)
Madrasah Ini Cetak Para Muballigh Muda Lewat Lomba Pidato (Sumber Gambar : Nu Online)

Madrasah Ini Cetak Para Muballigh Muda Lewat Lomba Pidato

“Penampilan mereka tidak kalah menarik dengan para mubaligh yang biasa tampil di televisi,” kata Kepala MAN Brebes 01 H Tobari di sela lomba, Rabu (27/4) lalu.

Menurut Tobari, meski penampilan mereka belum sempurna tetapi dengan bekal mental dan ilmu yang dimilikinya bisa sebagai modal awal orator yang ulung. Apalagi mereka juga sering melihat berbagai gaya dan materi lewat internet, televisi dan pengajian-pengajian yang sering mereka kunjungi. “Saya bangga dengan penampilan para mubaligh muda MAN Brebes,” pujinya.

Muaranya, lanjut Tobari, para siswa bisa memahami dan mengamalkan nilai-nilai agama, keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kemampuan menyampaikan ajaran agama bisa memotivasi dalam pelaksanaan ajaran-ajaran agama sehingga berpengaruh positif pada pribadinya maupun berdampak positif bagi lingkungan sosialnya.

At Tijani Indonesia

Ketua Panitia Sunata menjelaskan, lomba diikuti 36 siswa mewakili kelas masing-masing. Adapun tema yang dibawakan terkait tentang Sholat, Nuzulul Quran dan Puasa dalam durasi maksimal 10 menit. Adapun unsur yang dinilai meluputi adab, sopan santun, pakaian, tingkah laku, bahasa, intonasi dan isi materi.?

Peringatan Isro Miroj yang mengambil tema wujudkan kreativitas siswa menuju ukhuwah Islamiyah dengan akhlakul karimah, juga diisi dengan lomba MTQ. Diikuti 36 siswa dalam durasi maksimal 7 menit. Kriteria penilaian meliputi adab, makhraj dan tajwid serta lagu.

Setelah melalui penjurian yang ketat, akhirnya terpilih juara Pidato juara 1 Silva Aulia Silsa Salsabila kelas 11 MIA 4 dengan nilai 247. Juara 2 Nurul Apriani kelas 11 MIA (246) dan juara 3 Arif Budiman kelas 10.IIS.1 nilai 244.

At Tijani Indonesia

Sedangkan lomba MTQ untuk peserta putra juara 1 Tri Umu Aiman kelas 11 MIA nilai 265, juara 2 M Falih kelas 10 MIA 4 nilai 237 dan juara 3 Citra Nugroho kelas 10 IIK nilai 227.

Untuk lomba MTQ Putri, juara 1 Hilda Khaerunisa kelas 11 IIK nilai 229, juara An Hitika Rosiana kelas 10 IIK nilai (219) dan juara 3 Umdatul Aulia kelas 10 IIS.1 nilai 218.

Para juara mendapatkan piala, piagam dan sejumlah uang pembinaan dari sekolah. (Wasdiun/Fathoni)

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia Pesantren, Hadits At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar