Perundingan Penjajakan MILF diadakan di Malaysia

Posting Komentar

Jakarta, At Tijani Indonesia, Front Pembebasan Islam Moro (MILF) dan pemerintah Filipina akan mengadakan perundingan penjajakan pada hari Jumat besok (9/5) bertempat di Malaysia. Perundingan ini merupakan perundingan kedua yang diadakan di sana pada tahun 2001. Diharapkan perundingan ini dapat menumbuhkan kepercayaan antar kedua belah pihak.

"Pada akhirnya, satu perjanjian menyeluruh dapat ditandatangani antara kedua pihak," kata kata Menteri Pertahahan Malaysia Najib Tun Abdul Razak, Minggu.
kepada wartawan di Kota Kinibalu sehingga dapat diciptakan perdamaian yang abadi antar kedua belah pihak.

Namun demikian, ditengah upaya perundingan ini, pasukan Filipina melakukan serbuan ke markas gerilyawan setelah kelompok ini melakukan serangan yang mengakibatkan 25 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

MILF yang berkekuatan 12.500 orang merupakan kelompok gerilyawan Muslim terbesar yang berjuang di Filipina Selatan. Mereka melancarkan serangan ke Siocon, Minggu, menyandera sejumlah anggota militer dan 15 warga sipil sebagai "Tameng hidup", termasuk istri dan putra walikota Siacon.

Pihak gerilyawan  akhirnya membebaskan sandera setelah mereka melarikan diri. Juru bicara MILF, Eid Kabalu, Senin, mengatakan bahwa serangan itu dirancang untuk melumpuhkan markas besar militer di wilayah itu dan tidak untuk melukai warga sipil.

"Terdapat korban warga sipil karena pertempuran meluas ke wilayah lainnya di kota itu," katanya melalui telapon kepada AFP dari kediamannya di Filipina selatan.

Serangan pada hari Minggu itu juga merupakan aksi balas dendam atas suatu serangan militer pada Februari lalu yang menyebabkan hancurnya suatu kamp penting MILF di komplek Buliok di Filipina(kcm/rep/md/mkf).


 

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia Pendidikan, Internasional At Tijani Indonesia

Perundingan Penjajakan MILF diadakan di Malaysia (Sumber Gambar : Nu Online)
Perundingan Penjajakan MILF diadakan di Malaysia (Sumber Gambar : Nu Online)

Perundingan Penjajakan MILF diadakan di Malaysia

Related Posts

Posting Komentar