IPNU-IPPNU Jombang Kenalkan NU kepada Pelajar Umum

Posting Komentar
Jombang, At Tijani Indonesia. Tak henti-hentinya segenap Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur mengajak para pelajar turut besarkan NU. Pada Rabu-Jumat (29 Juni-1Juli) kemarin, PC IPNU-IPPNU ini menggelar pondok Ramadhan di aula Islamic Center Masjid Alun-alun Jombang yang diikuti oleh mayoritas dari kalangan siswa sekolahan umum tingkat SMP dan SMA.

Hal tersebut, menurut Ketua PC IPPNU, Qurratul Aini memang menjadi visi, misi tersendiri dilaksanakannya agenda pondok Ramadhan. Pasalnya, ia mengaku mereka sangat minim pengetahuan tentang keagamaan, bahkan sebagian dari mereka ada yang belum bisa nulis Arab, apalagi pengetahuan terhadap NU atau beberapa badan Otonom (Banom) NU dan ajaran-ajarannya.

IPNU-IPPNU Jombang Kenalkan NU kepada Pelajar Umum (Sumber Gambar : Nu Online)
IPNU-IPPNU Jombang Kenalkan NU kepada Pelajar Umum (Sumber Gambar : Nu Online)

IPNU-IPPNU Jombang Kenalkan NU kepada Pelajar Umum

"Bahkan sebagian anak-anak saat ustadz membaca kitab dan peserta disuruh mengartikan, tidak sinkron dengan kalimat yang dibacanya," katanya, Jumat (1/7). Kondisi demikian, kata Aini sangat memprihatinkan dan membutuhkan pendampingan intensif khususnya dari panitia pelaksana setelah usai agenda. Dan didorong oleh sejumlah guru di masing-masing sekolahan mereka.

Namun untuk sementara ini, sejumlah materi yang disuguhkan saat agenda sedikit sangat membantu meningkatkan pengetahuannya terkait keagamaan, ke-NU-an dan ajaran Ahlussunah Wal Jamaah (Aswaja) an-Nahdliyah.

"Semuanya ada 15 materi slama tiga hari, mereka juga diajak untuk mengkhatamkan kitab "Hujjah Ahlussunah Wal Jamaah," ujarnya.

At Tijani Indonesia

Dikatakan Aini, bahwa bentuk tindak lanjut dari kegiatan tersebut, peserta akan terus diajak mendalami pengetahuan keagamaan dan kelembagaan NU yang diperoleh saat pondok Ramadhan. Ia merencanakan selambat-lambatnya pada hari aktif masuk sekolah, PC IPNU-IPPNU Jombang sudah bisa menjalin kerjasama dengan pihak sekolahan terkait, agar dilaksanakan kegiatan yang bernuansa ke-NU-an.?

"Kita kan punya program "Jumat Bahagia" yang memang melibatkan para pelajar di Jombang, juga diselenggarakan di sekolahan-sekolahan. Nah kita ingin sekolahan umum itu juga bisa dijadikan tempat agenda ini," jelasnya.

Agenda pondok Ramadhan ini diikuti kurang lebih 200 pelajar Jombang, dari berbagai sekolahan umum yang menjadi target agenda. Hal ini juga atas dukungan banyak pihak, terutama PCNU, PC GP Ansor setempat, Fatayat NU, Muslimat NU, ISNU dan takmir masjid alun-alun Jombang. (Syamsul Arifin/Fathoni)

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia

At Tijani Indonesia Khutbah, Meme Islam, Quote At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar