Islam Saja Tak Cukup Satukan Umat

Posting Komentar
Kendal, At Tijani Indonesia. Hanya ukhuwah Islamiyah saja tak akan cukup untuk mempersatukan umat Islam, tetapi harus dilengkapi pula dengan wawasan kebangsaan.

Islam Saja Tak Cukup Satukan Umat (Sumber Gambar : Nu Online)
Islam Saja Tak Cukup Satukan Umat (Sumber Gambar : Nu Online)

Islam Saja Tak Cukup Satukan Umat

Demikian dikatakan Ketua Umum PBNU KH Said Agil Siroj saat memberikan  tausiyah pada acara peringatan ke-92 harlah NU di GOR Bahurekso Sakti Kendal, Ahad (10/5).

Dicontohkan oleh Kiai Said, negara seperti Afganistan, Somalia, dan negara-negara Timur Tengah lainnya mereka adalah negara dengan penduduk Muslim. Mazhabnya juga sama-sama sunni tetapi yang terjadi mereka justru bertikai terus tidak pernah ada kedamaian diantara umat Islam di sana.

At Tijani Indonesia

Kondisi ini menurut Kiai Said sangat berbeda dengan di Indonesia. Indonesia dengan berbagai macam agama dan bermacam mazhab dalam Islam semuanya bisa hidup rukun dan berdampingan serta tidak ada pertumpahan darah antar pemeluk agama apalagi sesama umat Islam.

At Tijani Indonesia

Hal ini terjadi karena KH Hasyim Asyari dan ulama Nusantara lainnya tidak hanya berpegang pada ukhuwah islamiyah tetapi juga berpedoman kepada ukhuwah wathoniyah sehingga umat Islam memiliki wawasan kebangsaan yang kuat. Oleh karenanya tidak heran jika Islam yang berkembang di Indonesia adalah Islam yang damai dan rahmatan lil alamin.

"Sekarang sudah saatnya Islam di Indonesia menjadi kiblat Islam di dunia bukan Irak atau Suriah," tegas Kiai Said. (fahroji/mukafi niam)

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia AlaNu At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar