Terima Dubes Rusia, Cak Imin Jajaki Sejumlah Kerja Sama

Posting Komentar
Jakarta, At Tijani Indonesia. Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menerima kunjungan Duta Besar Republik Federasi Rusia untuk Indonesia, Mikhail Y Galuzin, di Graha Gus Dur DPP PKB Jalan Raden Saleh 9, Cikini, Jakarta, Rabu (7/6) sore.

Pertemuan antara Cak Imin yang didampingi para pejabat teras PKB dan Galuzin beserta rombongan berlangsung sejak pukul satu siang hingga tiga sore. Kepada puluhan jurnalis cetak maupun daring usai pertemuan, Cak Imin mengungkapkan sejumlah isu yang dibincang.

Terima Dubes Rusia, Cak Imin Jajaki Sejumlah Kerja Sama (Sumber Gambar : Nu Online)
Terima Dubes Rusia, Cak Imin Jajaki Sejumlah Kerja Sama (Sumber Gambar : Nu Online)

Terima Dubes Rusia, Cak Imin Jajaki Sejumlah Kerja Sama

“Kami meningkatkan kerja sama dengan Rusia, terutama di bidang ekonomi maupun penanggulangan terorisme. Di mana di Rusia juga banyak umat Islam, sebagaimana di sini juga mayoritas (penduduknya) Islam,” ujar Cak Imin.

Langkah konkret dari kerja sama tersebut, lanjut dia, yaitu pemanfaatan kecanggihan teknologi informasi (IT) yang dimiliki kedua negara untuk menanggulangi terorisme. Di samping itu, Cak Imin juga menyebut Rusia memiliki aparat keamanan yang tangguh dan senjata yang canggih.

“Adapun bentuk kerja samanya bisa bersifat kerja sama perdagangan, peningkatan ilmu pengetahuan atau capacity building terkait materi demokrasi, dan kerja sama di bidang budaya. Ada juga yang bersifat kerja sama politik,” paparnya.

At Tijani Indonesia

Keponakan Gus Dur ini menekankan kerjasama konkrit tak hanya di bidang ekonomi, militer maupun iptek. Namun, kerjasama politik dan antarparpol baik melalui parlemen maupun langsung juga menjadi bagian kerjasama tersebut.

Di bidang politik, lanjut dia, bisa berupa kunjungan antarparlemen Indonesia dan Rusia untuk membahas penanganan terorisme. Merespons kunjungan Mikhail, pihaknya berencana akan menggelar lawatan ke Rusia setelah lebaran. “Rencana sekitar akhir Agustus,” pungkas Cak Imin. (Musthofa Asrori/Fathoni)?

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia

At Tijani Indonesia Tokoh, Pesantren At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar