Menag Tekankan Pentingnya Keberadaan Pesantren Kampus

Posting Komentar
Jember, At Tijani Indonesia. Secara resmi Jember telah memiliki IAIN. Ini ditandai dengan peresmian perubahan status Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember oleh  Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin di Aula IAIN Jember, Kamis (23/4). 

Peresmian tersebut merupakan puncak dari seluruh rangkaian saremonial perubahan status  IAIN Jember. Sebelumnya, launching tranformasi status telah dilakukan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara Desember 2014. Rektor IAIN Jember, Babun Suharto juga sudah dilantik oleh Menteri Agama RI, Maret 2015 lalu.

Menag Tekankan Pentingnya Keberadaan Pesantren Kampus (Sumber Gambar : Nu Online)
Menag Tekankan Pentingnya Keberadaan Pesantren Kampus (Sumber Gambar : Nu Online)

Menag Tekankan Pentingnya Keberadaan Pesantren Kampus

Dalam kesempatan yang sama, Menag juga meresmikan peresmian gedung Mahad Al-Jami’ah Syaifuddin Zuhri di kompleks IAIN Jember. Dalam sambutannya, Menag Lukman Hakim menekankan pentingnya keberadaan pesantren kampus (Mahad Al-Jami’ah) pada lembaga Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). 

At Tijani Indonesia

Sehingga, lanjutnya, menjadi ciri khas tersendiri (karakter) sebagai lembaga pendidikan tinggi, apalagi jika dibandingkan dengan lembaga perguruan tinggi umum lainnya. 

At Tijani Indonesia

"Keberadaan Mahad Al-Jami’ah pada lembaga PTKIN  sangat berguna khususnya untuk pembinaan mahasiswa dan peningkatan kultur akademik," ujarnya.

Menurut Menteri Lukman Hakim, penyelenggaraan Mahad Al-Jami’ah dapat dilakukan secara kreatif dengan memaksimalkan sumber daya yang dimiliki serta melibatkan stakeholders perguruan tinggi, bahkan dalam penyelenggaraannya kelak,  bisa diterapkan syarat berupa kewajiban bagi mahasiswa baru untuk bisa nyantri minimal selama satu tahun. 

"Ini supaya nuansa kesantrian mahaiswa lebih kental," tukasnya. (Aryudi A. Razaq/Fathoni)

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia Internasional, Hikmah At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar