Konferensi Internasional ICIS Digelar di Pesantren Salafiyah Syafi’iyah

Posting Komentar
Situbondo, At Tijani Indonesia. Konferensi internasional yang diprakarsai International Conference of Islamic Scholars (ICIS) pekan depan digelar di pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, Situbondo. Konferensi bertaraf internasional ini bertujuan meneguhkan sekaligus memperkenalkan nilai-nilai moderat yang dimiliki Islam.

Konferensi Internasional ICIS Digelar di Pesantren Salafiyah Syafi’iyah (Sumber Gambar : Nu Online)
Konferensi Internasional ICIS Digelar di Pesantren Salafiyah Syafi’iyah (Sumber Gambar : Nu Online)

Konferensi Internasional ICIS Digelar di Pesantren Salafiyah Syafi’iyah

Salah seorang panitia KH Misbahussalam mengatakan, konferensi yang berlangsung pada (28-30/3) akan dihadiri perwakilan ulama dari mancanegara termasuk negara-negara Timur Tengah. Antara lain dari mereka adalah Syekh Wahbah Az Zuhaili (Syiria), Ali Jumah (Mesir) Syekh Muhammad Yisif (Mufti Maroko), Syekh Abdul Karim Ad-Dhibaghi, Syekh Hasani Lancene bin Muhammed.

“Sedangkan dari dalam negeri di antaranya KH Qurais Syihab, KH Maruf Amin, KH Tholhah Hasan, dan peserta dari pengasuh pesantren,” ujarnya ? usai mengikuti rapat persiapan di pendopo pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, Situbondo, Jumat (21/3).

At Tijani Indonesia

Kiai Misbah menambahkan, konferensi tersebut paling tidak diharapkan dapat menghasilkan putusan untuk memberi masukan dan manfaat terhadap kondisi negara-negara Timur Tengah yang saat ini terus menerus dilanda konflik.

At Tijani Indonesia

“Ini mungkin merupakan sumbangan pemikiran bagi negara-negara untuk keluar dari konflik yang berlatar belakang sentimen keagamaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekjen ICIS KH Hasyim Muzadi menuturkan, pesantren asuhan Kiai Azaim itu dipilih untuk memenuhi permintaan almarhum KH Fawaid Syamsul Arifin. Diceritakannya, almarhum ? KHR Achmad Fawaid As’ad pernah mendatangi rumahnya seraya meminta agar dalam satu abad pesantren yang diasuhnya itu ? diselenggarakan pertemuan ulama internasional.

“Pesantren ini sangat bersejarah. Di tempat ini pernah diselenggarakan Muktamar NU 1984 yang mencetuskan nilai-nilai Islam moderat dan Khitthah NU,” tukasnya. (Aryudi A Razaq/Alhafiz K)

?

Foto: Dokumentasi ICIS III di Jakarta, 2008

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia Quote, Pendidikan, Anti Hoax At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar