IKA UINSA Siap Sinergikan Program dengan Pemkab Jombang

Posting Komentar
Jombang, At Tijani Indonesia - Kepengurusan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (IKA UINSA) di Jombang Jawa Timur dikukuhkan Sabtu (24/12). Menteri Pemuda dan Olahraga RI, bupati dan ketua DPRD Jombang serta sejumlah tokoh hadir di acara yang berlangsung di pendopo setempat.

Dalam sambutannya, Ketua IKA UINSA Koordinator Daerah Jombang, Mokhammad Fakhruddin Siswopranoto mengemukakan bahwa tugas yang harus diemban kepengurusan ini adalah bagaimana mampu berkiprah secara baik di masyarakat. "Salah satu yang akan dilakukan adalah bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Jombang sebagai bentuk khidmat kepada masyarakat," katanya, Sabtu (24/12).

IKA UINSA Siap Sinergikan Program dengan Pemkab Jombang (Sumber Gambar : Nu Online)
IKA UINSA Siap Sinergikan Program dengan Pemkab Jombang (Sumber Gambar : Nu Online)

IKA UINSA Siap Sinergikan Program dengan Pemkab Jombang

Di hadapan Bupati Jombang, Fakhruddin mengemukakan bahwa ada ribuan alumni UINSA yang kini berada di Jombang. "Kalau sinergi tersebut dapat terbangun dengan baik, maka cita-cita Pemkab Jombang untuk menyejahterakan rakyat dapat berjalan lebih baik," ungkapnya.

Dengan kelebihan jaringan dan banyaknya alumni yang memiliki berbagai disiplin ilmu dan keahlian, maka tidak menutup kemungkinan sinbergi tersebut bisa segera dirintis dan dicarikan formula terbaiknya.

At Tijani Indonesia

"Saya salut dengan kepengurusan IKA UINSA di Jombang ini yang telah mampu menyelenggarakan Festival Patrol Nusantara," kata H Imam Nahrawi saat memberi sambutan.

At Tijani Indonesia

Bagi Ketua Umum IKA UINSA Pusat tersebut, musik patrol merupakan bagian dari kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia terutama di Jombang yang dikenal sebagai kota santri. Sehingga tradisi tersebut bisa dilestarikan. "Ini perlu dilestarikan. Sebab budaya musik patrol bisa menjadi alternatif hiburan khususnya saat pada bulan Ramadhan," katanya sebelum melepas peserta yang berjumlah 28 kontingen tersebut.

Karenanya Menpora juga berharap festival tersebut bisa menjadi agenda tahunan sekaligus kalender nasional. "Saya berharap, Menteri Pariwisata untuk melihat budaya ini sebagai menjadi hal penting untuk dijadikan kalender tahunan," ujar Imam.

Karenanya upaya yang dilakukan IKA UINSA Jombang layak ditiru kepengurusan di berbagai koordinator daerah. "Ini membuktikan bahwa pengurus bisa bersinergi dengan pemerintah dalam melestarikan kekayaan tradisi di masyarakat," ungkapnya.

Menpora juga berharap agar kepengurusan berjalan kompak sehingga bisa berkhidmat secara lebih optimal. "Tunjukkan bahwa kita bisa berkontribusi kepada masyarakat," tandasnya.? (Ibnu Nawawi/Abdullah Alawi)

Dari Nu Online: nu.or.id

At Tijani Indonesia AlaNu, Nusantara At Tijani Indonesia

Related Posts

Posting Komentar